Jaringan Informasi Sekolah – Bab III Penerapan Teknologi Internet

A. Operator Komputer (Brainware)

Ujung tombak kesuksesan dalam melebarkan sayap anggota JIS Kota Malang adalah personalia yang karena kemampuannnya atau ketrampilannya di dalam menggunakan komputer ditunjuk serta ditugaskan sebagai Operator Komputer di Sekolah atau Cabang Dinas Kecamatan masing-masing.

Di luar jajaran birokrasi, siapa saja berhak menjadi anggota JIS Kota Malang, tentunya dengan syarat bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengoperasikan komputer. Adapun standar minimal perangkat lunak (software) yang seharusnya dikuasai adalah:
01. Microsoft Windows 95/98/2000/ME sebagai Sistem Operasi
02. Microsoft Word 97/2000 sebagai Pengolah Kata
03. Microsoft Excel 97/2000 sebagai Pengolah Angka
04. Microsoft PowerPoint 97/2000 sebagai Penyaji Data (Presentation).

B. Perangkat Keras (Hardware)

Sebagai sebuah sistem, maka perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan adalah sebuah Komputer (PC) Pentium I sengan spesifikasi minimum sebagai berikut:
– Casing Mini Tower
– EtherNet Card (LAN Vard)
– External Modem 56 K V90
– Fixed Disk Drive 1,44 Mb
– Hard Disk 10 GB
– Head Set
– Keyboard 101 keys
– Monitor Super VGA 14″ Digital
– Motherboard TX-Pro II
– Mouse
– Processor Intel Pentium I – 233 MMX
– RAM 32 MB
– Sound Card
– VGA Card 2 MB

Selain komputer di atas, infrastruktur primer yang dibutuhkan untuk menghubungkan komputer kita ke Internet (Jaringan Komputer Sejagat) adalah:

Saluran telepon (telephone line)
Meskipun ada pula sistem paket radio yang murah atau sistem satelit yang mahal, sejauh ini yang cukup optimal digunakan untuk Internet adalah saluran telepon.

Penyelenggara Jasa Internet (Internet Service Provider / ISP)
ISP inilah yang menjembatani komputer kita dengan Intenet, karena jasa tersebutlah kita patut membayar sejumlah biaya untuk fasilitas akses Internet yang diberikannya. Adapun ISP yang ada di Kota Malang antara lain: GlobalNet, IndoNet dan MegaNet. Sedangkan jasa Internet lainnya adalah TelkomNet Instan yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia, dimana pelanggan dapat mengakses langsung Internet semudah komunikasi via telepon.

C. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak (software) yang harus dimiliki, dikuasai dan terinstalasi di dalam komputer adalah sebagai berikut:
01. Microsoft Internet Explorer sebagai Sistem Penelusur (Browser)
02. Netscape Navigator sebagai Sistem Penelusur (Browser)
03. Microsoft Outlook Express sebagai Sistem Manajemen E-mail
04. Microsoft Internet Relay Chat (mIRC) sebagai Chatting Platform

Selain perangkat lunak diatas, ada beberapa perangkat lunak lainnya yang dikemudian hari dapat dapat disalin (di-download) langsung secara gratis dari Internet.

D. Fasilitas Internet

Sebagaimana diulas sedikit di atas, bahwa JIS Kota Malang akan dijalankan melalui koridor Internet. Internet sendiri memberikan beberapa fasilitas yang kelak memudahkan dan mengubah gaya hidup kita. Fasilitas Internet tersebut antara lain:

01. E-mail (Electronic Mail)
Electronic Mail atau Surat Elektronik adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena E-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan E-mail kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal. E-mail kelak akan menggeser penggunaan telepon dan faksimili.

02. World Wide Web (WWW)
WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet, sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut “The World is in Your Fingertips” karena sedemikian mudahnya kita mendapatkan informasi yang tidak hanya berbentuk teks, tetapi juga gambar (images) maupun multimedia. Informasi yang diletakkan di WWW disebut Homepage (Lembar Graha). Homepage umumnya bersifat publikasi dan promosi, namun ada pula yang berupa layanan informasi media massa berupa surat kabar, tabloid atau majalah on-line yang terbit setiap hari dan interaktif.

03. File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) adalah aplikasi di Internet yang dipergunakan untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu file di FTP Server. Dengan hal ini kita dapat bertukar file dengan cepat.

04. News Group
News Group adalah forum diskusi atau dapat digambarkan sebagai layaknya suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan diskusi yang terpisah, dimana masing-masing ruangan mempunyai topik diskusi yang berbeda-beda.

05. Mailing List
Mailing List atau diakronimkan sebagai Milis merupakan sarana dimana kita dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kita butuhkan dengan mengirimkan E-mail ke suatu situs dimana terdapat daftar pelanggan/anggota berskala besar. Sesuai dengan namanya, maka Mailing List merupakan list khusus dimana kita bergabung karena kita ingin saling bertukar informasi/komentar/saran via E-mail satu sama lain yang ingin berbagi pengetahuan/pengalaman.

06. Telnet
Dengan Telnet kita dapat mengakses komputer yang letaknya jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat di monitor komputer adalah isi dari komputer yang kita hubungkan tersebut. Ini sering juga disebut “Remote Login”. Biasanya dipergunakan untuk mencari katalog perpustakaan perguruan tinggi yang ada di luar negeri.

07. Chat
Chat seperti artinya dalam bahasa Indonesia bermakna “ngobrol” adalah aplikasi Internet yang memungkinkan kita “berbicara” secara langsung (on-line) dengan lawan bicara kita di seluruh dunia lewat kata-kata yang kita ketikkan di keyboard.
Dari beberapa fasilitas Internet di atas, maka yang kelak kita pergunakan dalam aktifitas kita di JIS Kota Malang adalah fasilitas E-mail, WWW, Mailing List, dan Chat.

E. Lokasi Berinternet

Lokasi untuk anggota JIS Kota Malang berinternet pada prinsipnya tidak harus sama dengan territorial daerah Kota Malang, karena keanggotaan yang terbuka memungkin siapa saja dan dari mana saja ia dapat mengikuti JIS Kota Malang, Namun secara umum dapat dipetalokasikan sebagai berikut (dari mahal ke murah):

01. Rumah: relatif mahal namun akses cepat, karena beban pulsa ditanggung sendiri untuk 1 unit komputer.

02. Kantor: relatif murah namun akses lambat, karena beban pulsa ditanggung atau dibagi bersama untuk beberapa unit komputer yang tersedia dengan sistem Local Area Network (LAN).

03. Warung Internet: relatif murah dan akses cepat (terutama pada tengah malam), karena menggunakan sistem Sewa Jalur (Leased Line) yang khusus Internet dan bebas gangguan (distorsi).

Dengan demikian maka dapat kita simpulkan sementara bahwa Sekolah yang tidak memiliki komputer pun dapat berperan serta dalam JIS Kota Malang, yaitu dengan menggunakan jasa Warung Internet (Warnet) terdekat.

Khusus bagi anggota yang mobilitasnya tinggi, lokasi berinternet dapat pula dilakukan di lokasi bergerak, seperti di dalam mobil, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Dengan Komputer Laptop dan Telepon Satelit (CDMA) kelak dimana saja kita dapat berinternet, bahkan di tengah hutan belantara sekalipun.

F. Waktu Berinternet

Tidak ada waktu khusus untuk berinternet, karena banyak Warung Internet yang melayani pelanggan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu non-stop. Jadi anggota JIS Kota Malang dapat membuka, membalas, menyimpan, atau menghapus E-mail sewaktu-waktu. Namun agar tepat guna dan tepat tujuan, maka ada baiknya kegiatan manajemen E-mail dilakukan secara rutin minimum 2 hari sekali pada jam-jam yang telah ditentukan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan E-mail di dalam Kotak E-mail yang dapat menyebabkan Kelebihan Kapasitas dan kemacetan masuknya E-mail baru.

Selain itu dapat pula anggota JIS Kota Malang yang terdiri dari para Kepala Sekolah dan Guru serta Pemerhati Pendidikan membuat kesepakatan bersama untuk melakukan chatting atau voice chatting pada hari dan jam yang disepakati bersama, tentunya akan lebih seru dan menarik jika diikuti pula oleh Pejabat di Dinas Pendidikan selaku Eksekutif dan Anggota DPRD Komisi E selaku Legislatif.

G. Membuat E-mail Sekolah

Sekolah atau Kepala Sekolah yang ingin bergabung di JIS Kota Malang harus memiliki E-mail sendiri-sendiri, oleh karena itulah maka Sekolah atau Kepala Sekolah yang bersangkutan harus membuat E-mail. Pada saat ini banyak portal Internet yang menyediakan fasilitas E-mail gratis (Free E-Mail), diantaranya beralamat di:
www.angelfire.com
www.eudoramail.com
www.gurlmail.com
www.hotmail.com
www.mailcity.com
www.yahoo.com

Berikut ini adalah contoh langkah-langkah membuat E-mail Sekolah yang menggunakan fasilitas www.yahoo.com:
01. Ketik:
http://www.yahoo.com/ di kolom address, kemudian tekan Enter
02. Klik icon-text: Yahoo! Mail
03. Klik icon-text: Sign up now
04. Ketik nama E-mail yang diinginkan pada kolom: Yahoo! ID — @yahoo.com
(contoh: smkn4_grafika)
05. Ketik sandi pembuka E-mail pada kolom: Password (contoh: tanimbar – tampak: ********)
06. Ketik ulang sandi pembuka E-mail pada kolom: Re-type Password (contoh: tanimbar –
tampak: ********)
07. Pilih pertanyaan alternatif jika lupa sandi pembuka pada kolom: Security Question (contoh:
What is Your pet’s name?)
08. Ketik jawabannya pada kolom: Your Answer (contoh: canary)
09. Pilih nama bulan dan ketik tanggal serta tahun kelahiran pada kolom: Birthday (contoh:
October / 10 / 1969)
10. Ketik nama awal pada kolom: First Name, kemudian nama akhir pada kolom: Last Name
(contoh: Kwarta / Adimphrana)
11. Pilih bahasa yang dipergunakan pada kolom: Language & Content (contoh: [other])
12. Ketik kode pos pada kolom: Zip/Postal Code, kemudian pilih jenis kelamin pada kolom:
Gender. (contoh: 65117 / Male)
13. Pilih jenis pekerjaan pada kolom: Occupation (contoh: academic/educator)
14. Pilih jenis industri/perusahaan pada kolom: Industry (contoh: education, research)
15. Klik tombol: Submit This Form.

Jika langkah terakhir belum tuntas karena nama E-mail Anda sudah ada yang memakai, maka pilihlah salah satu nama E-mail yang ditawarkan atau masukkan nama E-mail lainnya, kemudian ulangi langkah nomor 15.

H. Manajemen E-mail

E-mail yang kita miliki harus ditata sedemikian rupa sehingga lalu-lintas E-mail yang keluar dan masuk tidak mengganggu kapasitas terbatas Kotak E-mail (Mailbox) yang kita miliki. Sedangkan langkah-langkah manajemen E-mail adalah sebagai berikut:

01. Membuka E-mail
a. Ketik:
http://www.yahoo.com/, kemudian tekan Enter
b. Klik icon-text: Check Mail
c. Ketik nama E-mail pada kolom: ID (contoh: smkn4_grafika)
d. Ketik sandi pembuka E-mail pada kolom: Password (contoh: tanimbar)
e. Klik tombol: Sign In
f. Klik Inbox
g. Klik judul E-mail yang diterima di kolom: Subject

02. Membalas E-mail
Setelah memenuhi tahapan Membuka E-mail, maka langkah untuk membaca
E-mail adalah sebagai berikut:
a. Klik tombol Reply
b. Ketik surat di dalam kolom isi surat
c. Klik tombol Send.

03. Mengirim E-mail
a. Klik tombol navigasi Compose
b. Ketik alamat E-mail tujuan di kolom To:
c. Ketik judul E-mail di kolom Subject:
d. Ketik alamat tembusan E-mail yang akan dikirim di kolom Cc: (Carbon Copy)
e. Ketik surat di kolom isi surat
f. Klik Add/Delete Attachment untuk menyertakan lampiran surat berupa file Text/Images
g. Klik Browse untuk menelusuri dan memilih file yang akan dilampiri
h. Klik Attach File untuk mengambil file dari komputer ke Internet (maksimum 3 file)
i. Klik Done untuk melampirkannya
j. Klik Send untuk mengirimkannya.

04. Menghapus E-mail
a. Klik tombol navigasi Check Mail
b. Beri tanda cek pada kotak di depan nama pengirim
c. Ketik tombol Delete.

I. Keanggotaan dalam Jaringan Informasi Sekolah

Keanggotaan JIS Kota Malang bersifat terbuka, lintas ruang dan lintas waktu. Terbuka berarti setiap warga Kota Malang (WNI/WNA) yang peduli terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Kota Malang. Warga Kota Malang tersebut antara lain: Peserta Didik (Siswa/Santri), Pendidik (Guru/Ustadz), Kepala Sekolah, Pengawas, Pejabat beserta Staf di Lingkungan Dinas Pendidikan, Anggota Komisi E DPRD, Pengurus PGRI, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang Peduli Pendidikan, dan siapa saja memiliki komitmen serius dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Kota Malang.

Lintas Ruang berarti JIS Kota Malang ini dapat diikuti dari belahan kota/kabupaten, provinsi, atau negara manapun juga. Sedangkan Lintas Waktu berarti JIS Kota Malang ini dapat diikuti anggotanya tanpa batas waktu yang ditentukan, tidak terikat pada perbedaan waktu regional maupun internasional.

Menjadi anggota atau pelanggan JIS Kota Malang sebenarnya cukup mudah, ada 2 (dua) cara yang dapat dipilih dan diikuti salah satunya, yaitu:

01. mengirimkan E-mail kosong ke: jis-malang-subscribe@yahoogroups.com dan apabila E-mail kita telah terjawab maka balaslah E-mail tersebut dengan menekan tombol “Reply” (balasan) dan “Send” (kirim).

02. masuklah ke situs: www.yahoogroups.com/group/jis-malang, kemudian daftarkan E-mail Anda di kolom yang telah tersedia. Kirimkan identitas E-mail Anda melalui kolom yang telah disediakan.

Keluar dari keanggotaan JIS Kota Malang juga cukup mudah, yaitu dengan cara: mengirimkan E-mail kosong ke: jis-malang-unsubscribe@yahoogroups.com dan apabila E-mail kita telah terjawab maka balaslah E-mail tersebut dengan menekan tombol “Reply” (balasan) dan “Send” (kirim).

J. Etika Berinternet (Nettiquette)

Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui E-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan E-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal.
Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan E-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, “saya kira begitu”, atau “betul.”
Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:

01. Jangan Terlalu Banyak Mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas ‘Reply’ dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban E-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.

02. Perlakukan E-mail Secara Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. E-mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.

03. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan E-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.

04. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama ‘Forward’, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.

05. Jangan Gunakan CC
Jika Anda ingin mengirim E-mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima E-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat E-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat E-mailnya sendiri.

06. Jangan Gunakan Format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program E-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.

07. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: “Good.” Wah, ini sangat menyebalkan. (kj)

K. Lembar Graha (Homepage) Sekolah

Lembar Graha atau umum disebut Homepage pada masa kini merupakan suatu keharusan bagi institusi layanan masyarakat di era otonomi daerah ini. Tidak terkecuali Dinas Pendidikan Kota Malang beserta jajaran instansi dibawahnya, sebagaimana telah dicontohkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan homepage: http://www.depdiknas.go.id/-nya dan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan dengan homepage: http://www.dikmenjur.net/ -nya

Dengan homepage, Dinas Pendidikan Kota Malang dapat mengungkapkan fakta dan data pembangunan dan pengembangan serta peningkatan kualitas Pendidikan di Kota Malang. Sehingga instansi vertikal di tingkat Pusat maupun Provinsi dapat mengambil keputusan dan kebijakan dengan cepat berdasarkan data-data yang tersaji di dalam homepage.

Sedangkan homepage bagi sekolah-sekolah, selain menyajikan fakta dan data perkembangan sekolah yang meliputi basis-basis data: Siswa, Guru, dan Karyawan serta data-data sarana, prasarana, kurikulum, bank soal, dan modul-modul pelajaran Juga dapat dikembangkan ke sistem Penerimaan Siswa Baru secara on-line dan Penelusuran Tamatan secara on-line.
Suatu keniscayaan, Jaringan Informasi Sekolah (JIS) akan benar-benar mewujudkan Malang sebagai Kota Pendidikan tercanggih di Indonesia. Tentunya semua terpulang kepada niatan dan kerja keras kita semua selaku insan pendidikan.

(Malang, 19 Juli 2001)

This entry was published on Jumat, 11 Februari 2005 at 2:07 pm and is filed under Artikel. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: