Model PSB Berbasis TIK di Era Konvergensi


PSB di Sekolah

Kini TIK telah memasuki era konvergensi lintas media yang merupakan unifikasi fixed-line phone, mobile phone, internet, radio brodcasting, TV brodcasting, VoIP, dan IPTV. Unifikasi (penyatuan sistem) ini cepat atau lambat akan menjadi bagian tak terpisahkan dari hal-hal yang harus difasilitasi di PSB.
Konvergensi lintas media akan menempatkan PSB sebagai:

1. pusat jejaring (The Hub of Network) dimana semua infrastruktur jaringan telekomunikasi, seluler, internet, radio, dan televisi digital yang berbeda platform dapat diintegrasikan atau diunifikasi sebagai sumber pengetahuan.


2. pusat pengetahuan (The Hub of Knowledge) dimana siswa, guru dan masyarakat dapat menjangkau sumber-sumber pengetahuan lokal, regional, nasional maupun global dengan mudah, murah, aman, dan mutakhir.


3. pusat konten (The Hub of Content) dimana semua format e-book, audio book, audio digital, dan video digital pembelajaran dapat diakses/dialir/diunduh (access/stream/download) dari komputer peladen (computer server) dan penyedia konten (data storage) lokal. Melalui komputer dan perangkat penerima siaran satelit digital (digital satellite receiver) yang tersedia di PSB, maka siswa, guru dan masyakarat dapat menangkap (capture) dan merekam (record) konten pembelajaran yang disiarkan oleh radio dan televisi dari berbagai negara.


4. terminal penelitian (Research Terminal) dimana siswa dan guru dapat berkumpul bersama untuk melakukan penelitian ilmiah dan menyajikannya serta menyebarkannya (upload) melalui sumber daya komputasi, informasi, telekomunikasi, dan media yang tersedia.


5. sudut Inggris (English Corner/Booth) dimana siswa dan guru dapat membiasakan diri berkonversasi dan berekspresi bebas serta menyenangkan dengan Bahasa Inggris melalui bantuan sumber daya yang tersedia.


Hal lain yang tidak kalah penting adalah Rencana Tindak Pemanfaatan, Optimalisasi dan Sustainabilitas PSB. Melalui rencana tindak (action plan) diharapkan utilitas PSB yang tinggi dapat mendorong tumbuhnya iklim belajar yang menyenangkan, meningkatkan prestasi belajar siswa dan mutu kinerja riset guru di sekolah tersebut.


PSB sebagai Portal di Internet


Portal PSB dapat berperan sebagai integrator, administrator dan moderator bagi PSB-PSB yang dikembangkan di sekolah. Komputer Server di semua PSB dapat didedikasikan secara teknis ke server induk Portal PSB di Data Center Jardiknas Pustekkom Depdiknas.


Integrator Portal PSB secara teknis dan berkala dapat menyatukan dan memutakhirkan konten seluruh server di PSB-PSB Sekolah yang terkoneksi dan berdedikasi via intranet Jardiknas. Sebaliknya Portal PSB juga dapat menerima konten yang dikembangkan oleh PSB-PSB Sekolah yang berada di lingkup dan jangkauan intranet Jardiknas.


Administrator Portal PSB secara organisatoris bertugas mengelola, mengamankan dan mendokumentasikan lalu-lintas akses jejaring, pangkalan konten (data) dan sistem layanan di Portal PSB agar siswa, guru dan masyarakat dapat menikmati seluruh konten pembelajaran kapan saja dan dimana saja.


Moderator Portal PSB – sebaiknya merupakan tim yang anggotanya bertanggung jawab kepada masing-masing aplikasi yang ditanganinya – akan sering berinteraksi secara virtual dengan siswa, guru dan masyarakat pengakses Portal PSB, oleh karena itu ā€“ selain kecakapan komunikasi yang lugas, jelas dan tegas ā€“ seorang moderator harus benar-benar menguasai aplikasi berikut konten yang terkait dengannya.


Era konvergensi media memungkinkan internet diakses melalui gadget seperti Handphone, Smartphone dan PDA. Untuk itu perlu diperhitungkan secara teknis agar aplikasi dan konten yang tersedia di Portal PSB juga dapat diakses secara mudah melalui nirkabel gadget tersebut.

Bandara Internasional Ngurah Rai
Senin, 3 November 2008

Transit menuju Timiki-Jayapura..

Iklan
This entry was published on Senin, 3 November 2008 at 1:33 am and is filed under Jurnal. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: